[FR] Melihat Langsung Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah Dari Dekat

Prolog: Kegiatan ini sebenarnya sudah pernah saya singgung di thread ini. tapi berhubung TSnya lupa, jadi field reportnya baru dibikin sekarang..

Lalu seperti apakah cerita kunjungan saya ke masjid yang termasuk juga sebagai masjid termegah di Indonesia itu?

Ikuti cerita selengkapnya di sini..

Sebelum memulai cerita ini, ada baiknya teman-teman menyimak dulu deskripsi dari sejarah bangunan ini:


Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang terletak di Semarang, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektare. Masjid Agung diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) merupakan masjid provinsi bagi provinsi Jawa Tengah.


Keberadaan bangunan masjid ini tak lepas dari Masjid Besar Kauman Semarang. Pembangunan MAJT berawal dari kembalinya tanah banda (harta) wakaf milik Masjid Besar Kauman Semarang yang telah sekian lama tak tentu rimbanya. Raibnya banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang berawal dari proses tukar guling tanah wakaf Masjid Kauman seluas 119.127 ha yang dikelola oleh BKM (Badan Kesejahteraan Masjid) bentukan Bidang Urusan Agama Depag Jawa Tengah. Dengan alasan tanah itu tidak produktif, oleh BKM tanah itu di tukar guling dengan tanah seluas 250 ha di Demak lewat PT. Sambirejo. Kemudian berpindah tangan ke PT. Tensindo milik Tjipto Siswoyo.

Hasil perjuangan banyak pihak untuk mengembalikan banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang itu ahirnya berbuah manis setelah melalui perjuangan panjang. MAJT sendiri dibangun di atas salah satu petak tanah banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang yang telah kembali tersebut.


Pada tanggal 6 Juni 2001, Gubernur Jawa Tengah membentuk Tim Koordinasi Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah untuk menangani masalah-masalah baik yang mendasar maupun teknis. Berkat niat yang luhur dan silaturahmi yang erat, dalam waktu kerja yang amat singkat keputusan-keputusan pokok sudah dapat ditentukan: status tanah, persetujuan pembiayaan dari APBD oleh DPRD Jawa Tengah, serta pemiilhan lahan tapak dan program ruang.

Kemudian pembangunan masjid tersebut dimulai pada hari Jumat, 6 September 2002 yang ditandai dengan pemasangan tiang pancang perdana yang dilakukan Menteri Agama RI, Prof. Dr. H. Said Agil Husen al-Munawar, KH. MA Sahal Mahfudz dan Gubernur Jawa Tengah, H. Mardiyanto. Pemasangan tiang pancang pertama tersebut juga dihadiri oleh tujuh duta besar dari negara-negara sahabat, yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Kuwait, Mesir, Palestina, dan Abu Dhabi. Dengan demikian mata dan perhatian dunia internasional pun mendukung dibangunnya Masjid Agung Jawa Tengah tersebut.


MAJT diresmikan pada tanggal 14 November 2006 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono. Masjid dengan luas areal tanah 10 Hektar dan luas bangunan induk untuk salat 7.669 meter persegi secara keseluruhan pembangunan Masjid ini menelan biaya sebesar Rp 198.692.340.000.

Meskipun baru diresmikan pada tanggal 14 November 2006, namun masjid ini telah difungsikan untuk ibadah jauh sebelum tanggal tersebut. Masjid megah ini telah digunakan ibadah Salat Jumat untuk pertama kalinya pada tanggal 19 Maret 2004 dengan Khatib Drs. H. M. Chabib Thoha, MA, (Kakanwil Depag Jawa Tengah.


Sumber: Wikipedia


=========================


Nah, sekarang faham kan tentang sejarah dan keberadaan bangunan masjid ini?


Tapi ringkasnya begini; bangunan ini cukup terkenal di daerah Jawa Tengah sana karena keunikan dan keindahannya. Karena itu banyak orang-orang yang mengunjunginya. Ya semacam jadi kawasan wisata religi gitulah sekarang. So maka tak heran TS pun jadi ikut "tergoda" juga karena penasaran dengan apa yang ada di dalam bangunan masjid ini..


Dan berhubung pada saat itu saya sedang ngetrip ke Semarang (tempat di mana masjid ini berada), maka kesempatan ini saya gunakan buat bisa mengunjungi tempat tersebut. Ya walau pun waktu itu kunjungan saya nggak lama, tapi lumayanlah buat sekedar mengobati rasa penasaran saya. Oh ya lupa ngasih tahu kalau kunjungan saya kala itu bertepatan dengan bulan Ramadhan. Jadi waktu itu suasananya cukup ramai..


Berikut beberapa foto dan spot menarik yang saya ambil yang pada saat itu..


ini plang Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang tertera di depan gerbang masuk area tempat ini

dari depan pintu gerbang sudah kelihatan masjid ini, dengan latar belakang sinar matahari yang hendak tenggelam di ufuk barat

*kalau kaya gini, jadi kelihatan cakep ya

area jalan & taman di sekitar halaman depan MAJT atau setelah pintu masuk

ini penampakan menara masjidnya

FYI: menara masjid ini bisa dinaiki oleh pengunjung..tapi nggak gratis lho ya

kalau ini prasasti yang berisikan informasi tentang peresmian masjid ini berdiri

 foto ini membuktikan, jika TS memang benar-benar ke sini pada waktu itu..hehe

bangunan masjid jika tampak dari dekat (halaman utama masjid)

kalau ini bangunan masjid & berandanya, jika dilihat dari atas menara masjid
lagi pemandangan yang terlihat dari atas menara masjid yakni bangunan-bangunan di sekitar area MAJT

dan sunrise pun menyambut hangat kedatangan saya di tempat ini
*foto ini masih diambil di atas menara masjid

foto ini diambil saat saya tengah turun dari menara masjid (di dalam lift)

FYI: untuk fasilitas naik & turun dari menara masjid ada lift

ini adalah fasilitas lift yang disediakan oleh manajemen MAJT, untuk bisa menaiki puncak menara masjid

sedang ini adalah fasilitas loketnya, untuk mendapatkan tiket naik ke atas menara tsb

*untuk harga tiketnya, saya lupa-lupa ingat..yang pasti masih terjangkaulah

dan seperti inilah, penampakan dari luar gedung tempat menara MAJT itu berdiri

lagi, penampakan dari dekat area berandanya MAJT

FYI: foto yang pertama (atas) dan yang kedua diambil di waktu yang berbeda..jika yang pertama saat pas saya pertama kali datang, sedang foto yang kedua saat saya baru turun & keluar dari menara masjid

heemmh, benar-benar nggak hoax kan kalau waktu itu saya memang nyata datang tempat ini? wkwk

terlihat aktifitas atau kegiatan yang tengah berlangsung, pada saat saya datang ke sana

*waktu itu saat tengah menanti adzan maghrib atau waktu berbuka puasa untuk wilayah ini & sekitarnya

wow, ternyata di masjid ini tuh ada Al-qur'an raksasa lho..tapi kita tak bisa menyentuhnya karena dihalangi oleh dinding-dinding kaca di setiap sisinya

penampakan MAJT di kala waktu senja mulai menyapa bumi ini

Gimana, keren kan bangunan masjid ini? Kalau menurut saya sih cukup recomendedlah, kalau mau mencari alternatif tempat wisata religi terutama untuk di daerah kawasan kota Semarang dan sekitarnya..


Tapi meski menjanjikan spot dan pemandangan yang menarik, namun ada sedikit catatan dari saya terkait tempat ini dari kacamata saya..


1. Akses ke tempat ini cukup sulit kalau pakai transportasi umum, kalau dari stasiun Semarang Tawang atau stasiun Semarang Poncol. Ntah kalau dari terminal bus Terboyo atau dari tempat lain. Satu-satunya transportasi umum yang bisa diandalkan buat menuju tempat ini kalau dari 2 stasiun KA di atas adalah ojek online (Go*ek, G*ab). Soalnya pas itu saya juga pakai ini.


2. Kalau mau berkunjung ke sana, sangat dianjurkan saat sore hari atau menjelang waktu Maghrib. Soalnya kalau siang hari panas. Pagi juga mungkin bisa, tapi suasana masjidnya pasti sepi karena jam segitu bukan waktu orang-orang berkaktifitas di masjid..


Oke sekian dulu ya field report saya kali ini tentang cerita kunjungan saya ke MAJT, yang saya lakukan pada bulan puasa tahun lalu. Semoga thread ini bermanfaat buat teman-teman semua..


Baca Juga:

[FR] Ke Masjid Agung Demak & Makam Sunan Kalijaga

Post a Comment

5 Comments

  1. Wah jadi tahu saya area dalam masjid agung !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Berarti agan belum pernah ke sana donk.. Hehe

      Sekali2 datang ke sana. Soalnya viewnya bagus.. 😁

      Delete
  2. Wah jadi tahu saya area dalam masjid agung jawa tengah

    ReplyDelete
  3. Semarang harus masuk listing liburan setelah kopatkopit menghilang....mantapp gan, siap2 bawa kamera ke mesjid ini...

    ReplyDelete