Tips Jika Nomor Kode Booking Tiket KA Kita Hilang Atau Lupa

Biasanya saat kita membeli tiket kereta api (KA) jarak jauh via online, kita akan mendapatkan kode booking lewat e-mail yang kita gunakan saat pembelian tiket KA tersebut. Atau terkadang kode booking tersebut kita terima lewat layanan SMS yang dikirim ke nomor HP kita, jika pas pembelian itu kita mencantumkan nomor HP kita yang masih aktif..
 
Nantinya kode booking tersebut akan digunakan sebagai kode untuk Check In atau untuk cetak tiket boarding pass untuk perjalanan kita pas hari H-nya. Nomor kode booking tiket KA berjumlah 6 digit dan biasanya terdiri dari huruf dan angka..

ilustrasi tiket KA (sumber: Google image)

FYI: tulisan yang ada di kanan atas adalah contoh nomor kode booking tiket KA

Namun terkadang ada saja hal-hal yang tidak inginkan yang menghampiri kepada kita, sesaat sebelum hari perjalanan kita tiba. Seperti misalnya nomor kode booking lupa atau e-mail/SMS pemberi tahuan tentang kode booking tersebut hilang karena mungkin terhapus oleh kita..
 
Khusus yang lupa nomor kode booking nya, untuk mengetahuinya kembali kita bisa cek e-mail atau SMS pemberi tahuan akan kode booking yang kita terima waktu itu atau saat pas pembelian tiket tersebut. Alternatif lain, kita juga bisa melihat di history transaksi pembelian tiket kita, di channel tempat kita beli..

Lalu bagaimana kalau kasusnya hilang, sedang kita lupa sama nomor kode booking tersebut atau malah belum menghafalnya sama sekali?
 
Oh ya kasus nomor kode booking hilang/lupa juga terjadi jika gadget atau HP kita hilang ntah kemana. Sedang di gadget/HP tersebut tersimpan file yang berisikan e-mail atau SMS pemberi tahuan tentang kode booking tersebut..
 
Kalau sudah begini, apakah kita tetap bisa naik KA pas waktunya? Sedangkan nomor kode bookingnya hilang atau tidak ada, tanpa sempat kita menghafalkan sebelumnya..
 
*kasus yang sama juga berlaku jika tiket KA kita sudah dicetak atau sudah dalam bentuk boarding pass (lihat gambar di atas) hilang atau rusak
 
Tenang, jangan panik dan jangan khawatir. Kita masih tetap bisa koq naik KA pas hari H-nya dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:
 
1. Datang ke kantor layanan Customer Service (CS) stasiun keberangkatan KA kita, beberapa hari sebelum hari H atau minimal 1 jam sebelum KA kita akan berangkat di stasiun tersebut.
 
2. Sampai di sana, ceritakan langsung terkait permasalahan tiket kita (kode booking hilang/lupa atau tiket hilang/rusak).
 
3. Nanti pihak CS stasiun akan meminta data diri identitas kita termasuk nama KA yang akan kita naiki di perjalanan ini buat memverifikasi.
 
4. Untuk mengantisipasi point no. 3, harap mempersiapkan kartu identitas kita yang asli yang dipakai saat membeli tiket KA tersebut, sesaat sebelum datang ke kantor CS stasiun dimaksud.
 
5. Untuk kasus tiket hilang, biasanya harus ada dokumen surat kehilangan dari Kepolisian, buat melengkapi persyaratan dokumen verifikasi data kita.
 
6. Jika kode booking hilang/lupa, maka nanti pihak CS akan mencetak tiket KA kita yang berbentuk seperti gambar di atas, kalau data identitas kita sesuai dengan yang ada di kode booking tersebut (baca: berhasil diverifikasi).
 
7. Jika kasusnya tiket hilang/rusak, maka pihak CS nanti akan membuat tiket pengganti, tapi tiketnya kemungkinan bukan seperti gambar di atas (karena aslinya tiket KA nggak bisa dicetak 2x).
 
Catatan:

-untuk surat kehilangan dari Kepolisian, bisa dibuat di wilayah kita tinggal. Mungkin prosedurnya sama seperti dengan membuat surat kehilangan barang atau dokumen berharga.

*TS dalam kasus ini belum pernah mengalami. Tapi kalau buat surat kehilangan di Kepolisian pernah, tapi bukan tiket KA

-tips ini berlaku juga untuk tiket kita yang salah input data (salah nama atau no. identitas), baik yang masih dalam bentuk kode booking atau yang sudah dicetak. Nanti pihak CS akan memperbaiki data identitas kita di tiket tersebut.

-dari kasus-kasus di atas, TS hanya pernah mengalami kode booking hilang/lupa karena waktu itu HP TS hilang di perjalanan pas menuju stasiun keberangkatan (soalnya dokumen pembelian tiket tersebut ada di HP itu).
 
-jika informasi di atas kurang jelas, bisa menghubungi PT. KAI langsung melalui akun media sosialnya seperti; Facebook, Twitter atau Instagram.
 
Oke, itulah informasi dan tips yang bisa saya sampaikan hari ini. Semoga bisa menjadi referensi buat teman-teman semua, terutama buat para pengguna setia KA jarak jauh..
 
Baca juga:
 
Tips Mencari Tiket Kereta Murah Secara Dadakan 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Yuk Coba Keberuntunganmu Setiap Hari... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik di Indonesia, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

    BalasHapus