Melihat Kawasan Wisata Religi Cikundul Di Masa Pandemi Covid -19

Prolog: pada beberapa waktu yang lalu, saya sekeluarga berkesempatan mengunjungi kawasan wisata religi di Cikundul, yang berlokasi di kabupaten Cianjur. Bukan kunjungan spesial memang bagi saya pribadi karena sebelumnya saya pernah beberapa kali ke sini. Cuma kebetulan yang terakhir kalinya itu sudah lama sekali (sekitar tahun 2009). Jadi merasa seperti agak exicted gitu, ketika menginjakkan kaki lagi di tempat wisata religi yang cukup terkenal di Provinsi Jawa Barat ini..


Tapi sebenarnya yang membuat saya "rada semangat" itu karena kebetulan kita perginya di saat tengah suasana musibah Pandemi Covid-19, yang mana kita semua tahu bahwa semua tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia (termasuk tempat wisata religi) ditutup pas awal-awal musibah ini mulai melanda di negeri kita. Selanjutnya pada masa New Normal yang berlaku mulai bulan Juni 2020 kemarin, tempat-tempat wisata itu diperbolehkan kembali buka untuk kunjungan umum, termasuk Kawasan Wisata Cikundul ini..


Jadi kedatangan saya kali ini ke Cikundul, selain flashback juga tentunya ingin mengetahui denyut nadi kawasan wisata ini pasca mati suri dari dampak akibat musibah Pandemi Covid-19 yang sekarang kita alami saat ini. Tentu sebagai salah satu tempat wisata religi favorit (khususnya buat warga Jawa Barat & sekitarnya) dan pastinya selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang, ada hal yang berbeda dari yang biasanya saya temui sebelum-sebelumnya di tempat ini. Ya setidaknya suasana atau kondisinya pasti tidak akan sama dengan kondisi tempat ini saat sebelum musim Covid-19..

 

FYI: kami ke sana satu rombongan dengan menggunakan kendaraan bus besar (maklum keluarga kami keluarga besar)


Lalu, seperti apakah sitkon di tempat wisata religi tersebut saat saya singgah ke sana? Berikut ulasannya untuk anda..


Sore itu (lupa tepatnya jam berapa), rombongan kami tiba di TKP yang pada saat itu sedang dilanda hujan kecil nan rintik-rintik. Sebelumnya kami sempat mengunjungi kediaman saudara kami dahulu di kota ini di 2 tempat yang berbeda, untuk bersilaturahim dan menghadiri undangan hajatan saudara kami..


*Jadi sejatinya kunjungan kami ke Cikundul ini hanyalah sekedar "refreshing", karena yang utama itu ya kunjungan ke rumah saudara kami


Setelah tiba di lokasi, kami kemudian langsung capcuss ke lokasi area makam (walau nggak semua anggota rombongan kami ikut) dengan menaiki ratusan anak tangga yang memang jadi ciri khasnya tempat wisata religi ini. Di area lokasi, pada saat itu sitkonnya tidak terlalu ramai atau malah cenderung sepi. Ya mungkin ini akibat dampak pandemi Covid 19 yang mana sepertinya orang-orang masih takut bepergian keluar rumah, karena mungkin takut kena virus tersebut..


Sebagaimana yang sudah saya bahas di prolog atas, bahwa nggak ada hal yang spesial buat saya pribadi pada kunjungan kali ini dan bahkan tak ada hal yang "mengejutkan" yang saya temui di kawasan wisata ini pada saat itu. Semua seperti biasa saja, sebagaimana kunjungan-kunjungan saya sebelumnya. Kalaupun ada yang berbeda ya itu tadi, sitkonnya sepi bin lengang dan ini seperti tak lazim buat tempat wisata religi sepopuler Cikundul ini..


Mungkin ini memang kondisi umum tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia yang masih belum normal seperti biasanya, tak terkecuali di Kawasan Wisata religi Cikundul ini. Meski demikian, untuk sektor ekonominya area kawasan ini tetap buka sebagaimana biasanya. Itu ditandai dengan banyaknya para pedagang souvenir atau cindera mata yang menjajakan dagangannya di sekitar area lokasi. Hanya saja karena sepinya pengunjung, membuat para pedagang tersebut sepi dari para pembeli..


Sejatinya lengangnya sitkon di sini sempat membuat saya "tergoda" untuk bisa leluasa mengexplore lebih jauh tempat wisata religi ini. Sayang karena kondisi cuaca di TKP pada saat itu sedang kurang baik plus sitkon badan saya yang sudah agak lelah, membuat niat tersebut urung saya lakukan. Dan pada akhirnya saya pun jadi cuma sekedar mampir dan berziarah di sini dengan durasi yang tidak lama..


Dan berikut ini foto-foto yang sempat saya abadikan di Kawasan Wisata Cikundul, pada kunjungan saya di hari itu:


seperti inilah gerbang pintu masuk di Kawasan Wisata Religi Cikundul, terutama yang buat menuju ke area makamnya..nampak terlihat undakkan anak tangga yang harus kita lalui jika kita ingin menuju ke sana


penampakan undakkan anak tangganya jika dilihat dari dekat..sangat curam dan cukup jauh jaraknya

*konon jumlah anak tangganya mencapai ratusan lho! (serius bin suerr)

FYI: tangga untuk jalan akses dari dan menuju ke area makam ada dua, satu buat naik dan satu lagi buat turun..jadi kalau mau ke area makamnya, kita akan melewati undakkan anak tangga yang berbeda ketika akan berangkat dan pulangnya


masih pemandangan di area tangganya, tapi kali ini dengan view dari atas ke bawah

akhirnya sampai juga kami di lokasi makamnya yang pada saat itu tengah sepi nan lengang

inilah sebagian anggota rombongan kami yang ikut ke area makam

*foto ini diambil sesaat sebelum kami duduk dan berdoa atau berziarah ke tokoh sang empunya tempat ini yaitu Raden Aria Wiratanudatar

pemandangan di bagian sudut lain di sekitar area makamnya

sementara kalau ini pemandangan lain di sekitar luar area makam..heemmh, viewnya cukup indah ya gaess

(seperti biasa) perselfian tak pernah luput bagi hayati, jika sedang mengadakan suatu perjalanan ke suatu tempat

*maaf jika wajah jeleknya TS terhalang oleh masker..wkwk

lagi, penampakan sekitar undakkan anak tangganya..tetapi kali ini tangga untuk akses turun atau keluar dari area makam

*foto ini diambil saat saya dan rombongan tengah menuju pulang dari area makam

masjid di sekitar Kawasan Wisata Religi Cikundul, yang lokasinya berada persis di samping area pintu masuk menuju makam

oke gaess, itulah foto-foto yang bisa saya tampilkan pada field report event saya kali ini. maaf jika foto-fotonya sedikit alias cuma ala kadarnya. maklum sebagimana penjelasan saya di atas, sitkonnya tak memungkinkan untuk saya bisa explore lebih jauh tempat ini dan kemudian banyak mengcapture gambar di sekitar area lokasi..


meski demikian, saya berharap foto-foto di atas setidaknya bisa mewakili sitkon dan atau keadaan terkini lokasi yang saya datangi pada saat itu yakni Kawasan Wisata Religi Cikundul di masa Pandemi Covid 19 sekarang ini. saya juga berharap semoga info yang saya sampaikan di postingan kali ini, bisa menginspirasi anda semua, atau paling tidak bisa menambah-nambah wawasan anda..


dan pada akhirnya, saya pun harus undur diri dulu. terima kasih bagi yang sudah menyimak dan membaca thread saya kali ini serta mohon maaf apabila ada salah-salah kata atau ada kalimat yang kurang berkenan di dalamnya..


oke, sampai jumpa lagi di field report saya selanjutnya and tetap semangat serta jaga kesehatan ya gaess..

Post a Comment

0 Comments