Cara Membuat Rubrik di Google News Berdasarkan Per Kategori Artikel


logo Google News (sumber gambar: news.google.com)


Bagi seorang blogger, pastinya anda tahu Google News atau Google Berita, sebuah platform media pemberitaan yang dimiliki oleh raksasa jaringan terbesar di dunia yaitu Google. Di media itu, kita bisa mengetahui tentang berita-berita atau informasi terbaru dan terupdate dari seluruh pelosok belahan dunia (termasuk Indonesia tentunya), lewat media-media nasional atau media-media ternama. Dan topik berita yang muncul di sana beragam dan pastinya bisa kita pilih sesuai selera kita..


Nggak cuma itu. Di Google News juga kita bisa melihat-lihat berita atau informasi terbaru yang berkembang di daerah kota kita. Jadi secara fitur sangat lengkap. Dari mulai topik berita, hingga channel-channel media yang ada di dalamnya. Rasanya hampir semua situs-situs berita nasional yang top dan sudah punya nama, ada di platform itu. Seperti misalnya detik.com, viva.co.id, tempo.com, tribunnews.com, dan lain sebagainya..


Akan tetapi bukan cuma situs-situs berita terkenal saja yang boleh hadir di sana. Namun sebuah situs blog juga bisa nampang di platform itu. Bahkan meski dengan domain gratisan sekalipun (seperti blogger atau blogspot). Hanya syaratnya kita harus daftar dulu sebagai publishernya di sana, atau tepatnya di Google Publisher Center. Setelah diterima, baru deh artikel-artikel dari blog kita akan muncul di sana..


Nah pada kesempatan kali ini, saya tidak akan membahas tentang tata cara registernya bagaimana dan atau syarat-syaratnya apa. Sebab sudah banyak yang membahasnya kalau soal itu. Pada postingan ini, saya hanya mau membahas tentang bagaimana caranya membuat rubrik di Google News, menurut per kategori artikel..


Sampai di sini anda faham nggak? Semoga faham ya..


*kalau nggak faham, silahkan buka link terkait dan lalu ikuti step-stepnya atau aturan mainnya


Jadi begini, anggap saja anda itu tertarik buat jadi publisher di sana. Dan salah satu tahapan yang harus anda lewati adalah anda harus membuat rubrik, saat proses registrasinya. Rubrik itu nantinya berisi tentang artikel-artikel yang ada di blog kita. Setelah itu, barulah ditinjau oleh pihak Google News untuk kemudian apakah pengajuan kita itu bisa diterima atau tidak..


Untuk buat rubrik di Google News, ada 4 opsinya. Yaitu melalui feed blog, lokasi web, video atau feed yang dipersonalisasi. Kalau saran saya sih, lebih baik pakai opsi yang pertama yaitu pakai feed blog. Soalnya simpel; kita tinggal memasukkan URL feed blog kita dan langsung deh semua artikel-artikel kita akan otomatis muncul di rubrik tersebut..


FYI: sebelum mensubmit URL-nya, anda harus memberi nama dahulu rubriknya


seperti inilah screen shoot pada tahapan membuat rubrik di Google News


*ini diambil dari screen shoot blog saya di Google News


Cuma sayangnya kalau pakai cara ini, nanti yang muncul adalah artikel-artikel yang terbaru doang atau layaknya tampilan beranda di blog kita. Sedangkan untuk artikel lainnya terutama yang sudah lama dipublish, akan tenggelam oleh postingan-postingan yang baru tersebut. Tentu ini sebuah kerugian buat kita, soalnya nanti orang-orang hanya akan fokus membaca artikel-artikel terbaru saja dari blog kita..


Lalu bagaimana caranya agar artikel yang lama di blog kita bisa muncul di beranda rubrik yang kita buat di Google News? Satu-satunya cara buat bisa seperti itu adalah dengan membuat rubrik berdasarkan per kategori artikel. Soalnya dengan begitu, orang-orang akan mudah mencarinya. Selain itu dengan cara ini juga orang-orang bisa mencari artikel sesuai minat kategori yang disukainya..


Dan berikut ini step-step untuk bisa membuat rubrik di Google News berdasarkan per kategori artikel:


1. Buat rubrik dari feeds


Langkah yang pertama adalah dengan membuat rubrik seperti biasa atau lihat seperti gambar sesuai petunjuk di atas..


2. Masukkan URL feeds blog kita


Selanjutnya masukkan URL feednya. Anda tahu pastinya URL feed blog anda sendiri. Atau kalau tidak tahu, bisa lihat di bawah ini:

https://namablog.com/feeds/posts/default?alt=rss

3. Ubah dan kustom URL-nya


Kemudian ubah dan atau kustom URL-nya dengan mengganti tulisan di belakangnya seperti contoh berikut ini:

https://namablog.com/feeds/posts/default/-/nama kategori

4. Klik tambahkan


Dan langkah terakhir setelah selesai, anda tinggal klik "Tambahkan" pada tombol yang tersedia. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga ratikel-arrtikel tersebut muncul sesuai kategori dalam blog anda..


Keterangan:


- Ganti tulisan yang berwarna merah dengan URL blog anda

- Nama kategori harus sesuai dengan yang anda tulis di blog anda


seperti inilah kelak jadinya rubrik yang kita telah buat itu


*ini diambil dari screen shoot blog saya di Google News


Oke demikianlah informasi yang bisa saya bagikan pada hari ini. Semoga bisa bermanfaat ya.  Dan tak lupa mohon maaf apabila ada salah-salah kata atau kalimat, pada postingan yang saya tulis di atas..

Post a Comment

4 Comments

  1. Wahh, lengkap banget ini tulisan artikelnya.. sekarang jadi tau deh cara buat rubrik di google news. Thanks bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, makasih ya atas atensinya. Semoga agan jga bsa mengikuti tutorialnya sbg mana petunjuk di atas..

      Delete
    2. oke gan, terima kasih atas supportnya.. 🙏

      Delete