Seutas Cerita Dari Balong Kabayan

Prolog: Pada hari minggu yang lalu (27 Desember 2020), saya bersama murid-murid ngaji saya pergi ke kolam renang di daerah Bogor Selatan. Nama tempatnya adalah Balong Kabayan. Ini bukan pertama kalinya saya datang ke sini, tapi mungkin sudah ke sekian kalinya..
 

Kami ke sana tentu tak lain dan tak bukan untuk berenang di tempat itu. Ya walau tempatnya kecil dan sederhana, tapi lumayanlah buat sekedar refreshing mah. Selain itu harganya juga murmer alias murah meriah. Jadi cocok buat yang ingin berenang yang berkantong pas-pasan seperti kami..
 

Lalu apa cuma harganya yang murah, yang menjadi "keunggulannnya" tempat ini?
 

Tentu saja tidak. Yang pasti tempat ini menawarkan sesuatu yang mungkin saja nggak dimiliki oleh kolam renang lain. Ya meski sejatinya kita nggak perlu bermuluk-muluk akan fasilitas-fasilitas yang tersedia di sini..
 
 
*untuk penjelasan detailnya, bisa disimak nanti di bawah
 
 
Penasaran kan seperti apa dan bagaimana rupa tempat ini, plus keunggulan-keunggulan lainnya?
 

Yuk ah kita kepoin field reportnya di bawah ini..
 

Pagi itu sekitar jam 9an, kami sudah tiba di lokasi. Saya memang terbiasa datang ke tempat ini pagi-pagi sekali, dengan harapan bisa lebih lama bersenang-senang di sini. Lagipula kalau refreshing ke tempat seperti kolam renang itu, suka panas kalau datangnya agak siang..
 

Oh ya pada field report kali ini, saya tidak akan banyak bercerita tentang hal-hal apa saja yang saya and the genk lakukan pada saat itu, terkecuali hanya sedikit mereview terkait tempat yang saya datangi tersebut (meski di prolog sudah saya singgung)..
 

Tentu tak lupa saya juga akan menyertakan hasil jepretan kamera hp saya, yang sempat saya abadikan kala itu buat sebagai pelengkap atas reviewnya nanti. Selain itu saya juga akan memberikan dokumen foto-foto saya pada kunjungan ke tempat yang sama, di periode sebelumnya..
 
plang Balong Kabayan yang terpampang di bagian jalan/gang yang menuju pintu masuk
 
 
kalau ini adalah penampakan bagian pas pintu masuknya
 
*ini juga sekaligus buat sebagai tempat parkir bagi para pengunjung tempat ini
 

dan seperti inilah area kolam renangnya di tempat ini yang kecil nan sederhana

FYI: jumlah keseluruhannya ada 3 buah..satu buat anak dan dua lainnya buat orang dewasa 

masih pemandangan di seputar area kolam renangnya, yang kali ini diambil dari sudut lain

 

*kalau kita perhatikan, di setiap sisi kolam renang ada semacam gazebo..nah gazebo itu diperuntukkan buat para pengunjung..tapi kita kalau mau pakai, harus bayar lho

 

salah satu keseruan yang kami lakukan kala itu di tempat ini

 

beberapa fasilitas tambahan yang ada di tempat ini..dan salah satunya adalah gazebo yang sudah saya jelaskan sebelumnya di atas


salah satu keunggulan di Balong Kabayan itu adalah ada kolam ikannya lho..so buat anda gemar memancing, bisa sekalian menyalurkan hobi anda di tempat ini


Nah sekarang bagaimana pendapat anda tentang tempat ini, terutama setelah melihat foto-foto di atas?


Ya kalau anda berekspektasi lebih, sepertinya anda akan kecewa karena memang tempat ini bukan kolam renang yang mewah, yang banyak menyediakan berbagai fasilitas seperti beberapa wahana dan permainan. Maklumlah, soalnya harganya juga kan murmer (sebagaimana yang sudah saya jelaskan di prolog)..


Akan tetapi satu keunggulan lain yang dipunyai tempat ini terutama pada saat situasi dan kondisi sekarang ini (baca: masih berlangsungnya Pandemi Covid-19) adalah masuknya tidak terlalu ketat. Atau dengan kata lain, tak ada protokol atau aturan khusus sebagaimana yang diterapkan di beberapa tempat kolam renang lain..


Jadi dengan begitu, kita bisa bebas kapan saja mau berkunjung ke sini dengan siapa pun dan jumlah orangnya juga nggak dibatasi. Namun itu bukan berarti saya secara pribadi membolehkan anda mengabaikan soal protokol kesehatan yang notabene sekarang ini sudah jadi prosedural umum dimana-mana..


Saran saya anda tetap harus memberlakukan hal itu jika seumpama mau berkunjung ke sini. Ya paling tidak selama perjalanan anda dari rumah menuju lokasi tempat ini. Kalau saat di TKP, ya terserah. Mau tetap dipakai atau melepaskannya. Tapi masa iya sih, kalau mau berenang harus memakai protokol kesehatan (seperti memakai masker misalnya)? Kan nggak lucu jadinya.. 😂

 

Oke demikianlah field report saya kali ini, yang mana di edisi ini menceritakan tentang kunjungan saya dan rekan-rekan ke sebuah tempat kolam renang yang bernama Balong Kabayan. Ya meski tempat ini mungkin tidak pas direkomendasikan untuk anda (karena merasa tidak tertarik misalnya), anggap saja cerita field report ini sebagai bahan bacaan iseng semata di waktu luang anda.. 😁


Namun andai merasa tertarik terkhusus bagi anda yang tinggal di sekitar kota Bogor dan sekitarnya, monggo silahkan saja datang ke lokasi tempat ini. Aksesnya cukup gampang koq. Kalau naik angkutan umum, anda tinggal naik angkot nomor 04 jurusan BTM-Cihideung dan nanti turun di TKP (bilang saja ke supirnya dan mereka rata-rata tahu tempat itu)..


Opsi lain anda juga bisa naik transportasi online seperti Gojek atau Grab. Tinggal ketik nama "Balong Kabayan" di kolom pencarian tujuan kita, pasti nanti akan muncul nama tempat tersebut. Malah kalau menurut saya, naik transportasi online itu lebih direkomendasikan. Soalnya kita bisa turun langsung di lokasi. Sementara kalau naik angkot, kita harus jalan lagi saat pas turunnya (walau itu juga nggak jauh sih)..

 

 

inilah peta petunjuk lokasi untuk Balong Kabayan


Oh ya sebelum saya benar-benar pamit, saya mau kasih bonus ke anda yaitu beberapa dokumen foto-foto kunjungan saya ke tempat yang sama di edisi-edisi sebelumnya. Tujuannya bukan buat apa-apa sih, tapi cuma sekedar "pembanding" saja suasana dan kondisi tempat ini, antara dulu dengan sekarang..


ini adalah foto-foto yang saya abadikan, pada kunjungan kami yang pertama di tahun 2015

 

sedang ini dokumen foto pada kunjungan kami di tahun 2018

 

FYI: saya setiap ke sana, pasti dengan orang-orang yang berbeda


Info tambahan:

- untuk harga tiket masuk Rp. 20. 000 per orang (hari biasa Rp. 15 .000)

- untuk harga sewa Gazebo atau saung, Rp. 20. 000 per rombongan (hari biasa gratis)

- ada kantin atau warung khusus di area kolam renang. tapi makanan dan minuman yang dijajakannya terbatas atau nggak banyak (saran saya lebih baik bawa/beli makanan atau minuman dari luar saja)

- untuk informasi lebih lanjut, anda bisa baca-baca situs resminya di sini

Post a Comment

0 Comments