5 Jenis Orang Yang Mengaku NU Menurut KH. Manarul Hidayat

lambang bendera NU (sumber gambar: nu.or.id)



Sebagaimana kita ketahui, kalau NU itu adalah organisasi terbesar di Indonesia. Bahkan mungkin di dunia. Itu karena peran dan kontribusinya kepada masyarakat dan bangsa ini tak perlu diragukan lagi. Tentu kami tak perlu membahasnya secara rinci, terkait apa saja peran dan kontribusinya selama ini karena mungkin kita semua sudah pada tahu..

 
Dan oleh karena dianggap besar itulah, maka kemudian banyak orang-orang yang memanfaatkan NU. Baik untuk tujuan pribadi maupun untuk tujuan organisasi NU itu sendiri. Dan dari sebab akibat itu pula kemudian banyak bermunculan tipe-tipe dan karakter orang NU..

 
Jika sebelumnya kami pernah mengupas tentang Tipe-tipe Pengurus dan Jama'ah NU, maka kali ini kami akan membahas tentang 5 jenis orang yang mengaku NU. Ini sebagaimana yang diucapkan oleh KH Manarul Hidayat, yang juga merupakan Wakil Rais Syuiyah PBNU. Beliau mengatakan ini dalam satu ceramahnya di sebuah acara..


Lalu seperti apakah kelima jenis orang tersebut menurut pandangan beliau? Berikut ini ulasannya untuk anda:


Pertama:


Kelompok atau golongan orang yang tidak tahu seperti apa dan bagaimana NU itu. Namun mereka sangat mencintai NU. Oleh karena itu, ketika ditanya perihal siapa dirinya, maka mereka pun akan tegas mengatakan kalau mereka itu adalah.orang NU..


Kedua:


Kelompok atau golongan orang yang tahu seperti apa dan bagaimana sebenarnya NU. Akan tetapi mereka seperti tidak mau tahu akan keberadaan NU. Apakah mau maju, mau mundur atau mau hancur sekalipun, mereka tidak akan pernah peduli. Namun anehnya ketika ditanya, mereka ini juga ngakunya sebagai orang NU..


Ketiga:


Kelompok atau golongan orang yang mengaku NU, namun sejatinya cuma sekedar ingin memanfaatkan nama besar NU. Biasanya yang seperti ini tujuannya demi untuk mengejar popularitas dan atau ambisi pribadinya. Contoh misalnya dalam urusan pangkat dan jabatan. Akan tetapi sesungguhnya mereka ini tidak pernah peduli terhadap NU..


Keempat:


Kelompok atau golongan orang yang sesungguhnya mereka ini termasuk yang sangat antipati sekali sama NU. Bahkan sekedar rasa simpatik sekalipun. Akan tetapi karena ingin mencari "aman dan selamat", maka mereka pun terpaksa mengaku-ngaku sebagai orang NU..


Kelima:


Kelompok atau golongan orang yang pengetahuan ke-NU-annya tinggi, namun mereka benar-benar gigih dan ikhlas memperjuangkannya. Selain itu mereka juga selalu menjaga marwah NU dan berkhidmat kepadanya, meski tidak mendapatkan apapun dari NU..


Merujuk pada kelima klasifikasi tersebut, marilah kita kemudian bermuhasabah diri; kira-kira kita termasuk orang NU jenis yang mana? Jawabannya ada pada setiap diri kita masing-masing..


Ya semoga saja kita semua termasuk dalam kelompok atau golongan yang kelima. Sebab kelompok itulah yang kelak akan diakui sebagai santri Hadlratus Syaikh Hasyim As'ary (Pendiri NU) dan kemudian dido'akan sampai kepada para dzuriyahnya beliau..


Demikian informasi yang bisa kami sampaikan pada hari ini. Mudah-mudahan apa yang kami tulis ini bisa bermnafaat, terkhusus bagi anda yang merasa bagian dari jama'ah dan jam'iyyah NU. Tak lupa kami juga menghaturkan permohonan maaf, apabila terdapat kesalahan dan atau kekeliruan dalam postingan ini..


*sumber artikel disarikan dari PCNU Muoro Jambi, dengan beberapa sedikit perubahan

Posting Komentar

0 Komentar