5 Manfaat Yang Akan Anda Dapatkan Dari Berorganisasi

ilustrasi suasana rapat dalam sebuah organisasi (sumber gambar: qureta.com)


Aktif di suatu organisasi, bukanlah sebuah keharusan bagi setiap orang. Namun ketika kita memilih untuk berkecimpung di dalamnya (ntah apa pun nama dan jenis organisasinya), maka akan banyak manfaat yang kita peroleh darinya..


Mengapa saya bisa berkata demikian? Karena setidaknya itulah yang pernah saya dapatkan dan saya rasakan selama ini. Mungkin anda-anda yang pernah mengalaminya, pasti akan sepakat dengan pernyataan saya di atas..


Tentu, manfaat itu akan kita dapat kalau kita lakukan dengan benar-benar serius. Bukan cuma sekedar nama kita dijadikan pengurus doang dan atau hadir ke acara-acara yang diselenggarakan oleh organisasi tersebut..


Dan berikut ini beberapa manfaat yang akan kita dapat dari berorganisasi:


1. Meluaskan jaringan pertemanan dan pergaulan


Yang pertama adalah akan meluaskan jaringan pertemanan dan pergaulan kita. Karena dengan kita aktif di suatu organisasi, kita akan sering bertemu dengan orang-orang yang berbeda, yang mungkin saja sebelumnya kita tidak saling kenal. Dan dengan mengenal banyak orang pula di organisasi itu, kelak kita akan dibawa ke lingkungan dan suasana baru..


Tentu hal ini bisa memberikan dampak positif kepada kita. Soalnya dengan begitu kawan-kawan kita jadi bertambah. Pun dengan dunia pergaulan kita yang mungkin tadinya hanya di satu tempat, bisa jadi kini bertambah dengan adanya teman-teman baru kita di organisasi tersebut..


Apalagi kalau kebetulan teman-teman kita itu, secara strata sosial di atas kita. Maka sudah bisa dipastikan kita akan terbawa juga dengan dunia dan pergaulan mereka selama ini. Oleh sebab demikian, jangan heran bila suatu saat kita bisa bertemu dengan orang-orang yang menurut kita dianggap penting..


Seperti contoh misalnya bertemu dengan seorang pejabat atau tokoh publik. Meski mungkin orang tersebut cuma sekelas tokoh lokal di daerah kita, tapi itu bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri buat kita. Ini saya biacara begini karena berdasarkan pengalaman pribadi juga..


2. Menggali dan mengembangkan potensi diri


Kemudian manfaat kedua yang akan kita dapatkan dari berorganisasi adalah kita bisa menggali dan mengembangkan potensi dari diri kita. Dan potensi itu bisa saja sebelumnya kita tak punya atau tak pernah kita sadari, dan atau mungkin terpendam selama ini..


Kenapa di organisasi kita bisa menemukan potensi kita? Sebab dengan kita mengenal banyak orang di sana, ada kemungkinan kita bakal belajar tentang banyak hal dengan mereka. Apalagi kalau kebetulan teman-teman kita di organisasi tersebut secara skill, kemampuan dan tingkat pendidikannya di atas kita. So secara tidak langsung kita juga akan banyak dibimbing oleh mereka..


Bukan cuma itu saja. Terkadang untuk beberapa organisasi tertentu, sering mengadakan sebuah acara pelatihan yang sekiranya bermanfaat buat masyarakat luas. Nah lewat cara ini kita juga bisa sekalian belajar dan sekaligus menambah ilmu dan wawasan kita. Dan pastinya kelak ilmu dan wawasan tersebut bisa kita pergunakan dalam kehidupan kita sehari-hari atau setidaknya jadi skil baru buat kita..


3. Mengenal berbagai macam karakter orang


Manfaat selanjutnya yang kita bisa dapatkan dari berorganisasi ialah kita bisa mengenal berbagai macam karakter orang yang berbeda. Karena sebagaimana yang sudah dijelaskan di poin satu, bahwa di organisasi itu kita akan punya banyak teman baru. Dan mereka itu sudah pasti secara karakter dan sifat berbeda-beda antara satu dengan yang lain..


Dengan kita banyak mengenal berbagai macam karakter orang di organisasi yang kita ikuti, maka nantinya kita akan bisa mengetahui jalan fikiran setiap masing-masing orang. Selain itu tentu kita juga akan jadi lebih menghargai setiap perbedaan diantara kita..


Dan efek positif yang lebih besar dari poin ini adalah kita jadi lebih faham dan mengerti kalau dunia itu ternyata lebih berwarna dari yang kita duga selama ini. Bahwa dunia itu nggak sesempit yang kita fikirkan sebelumnya. Dan pada akhirnya, kita jadi berfikir bahwa sejatinya kita hidup tak boleh egois karena masih ada orang lain yang tentunya secara karakter bisa berbeda dengan kita..


4. Belajar bekerja sama dengan banyak orang


Selanjutnya untuk manfaat yang keempat dari berorganisasi adalah kita akan belajar bekerja sama dengan banyak orang. Poin ini sangat penting sekali terutama buat anda yang selama ini mungkin jarang bergaul dengan orang lain atau istilah umumnya kuper alias kurang pergaulan..


Menurut saya orang-orang bertipe kuper ini sangat dianjurkan sekali untuk ikut berorganisasi. Soalnya dengan begitu mereka bisa keluar dari zona nyamannya selama ini, yakni mengenal banyak orang dan sekaligus belajar bekerja sama dalam banyak hal dengan orang-orang di organisasi tersebut..


Akan tetapi hal di atas bisa terjalin kalau kitanya sendiri memang punya cita-cita ingin maju secara kemampuan dan jalan fikiran yang mungkin saja selama ini mentok dan tak bisa berkembang. Namun tentunya kita juga harus tetap selalu menjaga perilaku kita, sebab bagaimana pun juga di organisasi itu terdapat berbagai macam karakter orang (seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya)..


5. Belajar mengenai perbedaan pendapat


Dan manfaat yang kelima atau yang terakhir yang akan kita dapatkan dari berorganisasi itu adalah di sana kita akan belajar mengenai perbedaan pendapat. Karena sebagaimana yang sudah saya jelaskan di poin nomor tiga, bahwa di organisasi kita akan banyak mengenal berbagai macam karakter orang. Oleh sebab itu, maka "isi otaknya" pun bisa saja berbeda-beda..


Dan karena berbeda-beda itu, maka sudah selayaknya kita menghormati setiap perbedaan pendapat diantara orang-orang yang ada di organisasi tersebut. Sikap seperti ini menurut saya penting dikedepankan di suatu organisasi, soalnya ini menyangkut keutuhan dan keberlangsungan organisasi tersebut..


Tentu kita tidak mau kan, organisasi yang kita ikuti atau organisasi yang kita bina dan kita besarkan selama ini remuk redam oleh karena perbedaan pendapat antar anggotanya. Dan pastinya kalau sudah seperti ini, maka tingal tunggu tenggelamnya kapal organisasi yang anda diami di dalamnya itu..


Itulah setidaknya 5 manfaat yang akan kita dapatkan dari berorganisasi dan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya selama ini. Mungkin pendapat di atas bisa saja keliru menurut anda, atau malah sebenarnya kurang poin-poinnya. It's okay, i appreciate it. Karena setiap orang pasti punya pengalaman yang berbeda-beda dari setiap organisasi yang diikutinya..


Oke demikianlah informasi yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan seperti biasa, mohon maaf apabila ada salah-salah atau kalimat pada thread yang saya tulis ini..

Posting Komentar

10 Komentar



  1. Keren gan artikelnya, sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan

    Best Regards
    Klipingqu.com
    https://www.klipingqu.com/?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok gan, thank's atas support dan atensinya.. 🙏

      Hapus
  2. Balasan
    1. Oke terima kasih jga atas kunjungannya.. 🙏

      Hapus
  3. Poin "4. Belajar bekerja sama dengan banyak orang" sepertinya orang kita susah ....

    nice article

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak jga sih mas. Tergantung personalnya kita dan organisasi yg kita ikuti tsb.. 😊

      Hapus
  4. Balasan
    1. 👌👍👍

      Thank's ya atas kunjungannya.. 🙏

      Hapus