7 Fakta Menarik Tentang Hansi Flick Yang Harus Anda Tahu


Hansi Flick (sumber gambar: bundesliga.com)



Nama Hans Dieter Flick atau yang akrab disebut Hans Flick tengah hits pada saat ini di dunia sepak bola. Itu karena keberhasilannya membawa klub yang ditukanginya yakni Bayern Muenchen, meraih hasil fantastis tahun lalu dengan merebut 6 gelar..


Keenam gelar itu adalah Liga Jerman, Piala Jerman, Liga Champions Eropa, Piala Super Jerman, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar Klub yang diraihnya pada beberapa hari yang lalu. Sebuah pencapaian yang luar biasa menurut banyak pengamat, mengingat dia tadinya cuma pelatih sementara di klubnya itu..


Bahkan yang lebih menakjubkan lagi, lima gelar diantaranya diraih saat dia belum setahun melatih FC Hollywood (julukannya Bayern Muenchen). Sebab dia baru resmi jadi pelatih sejak bulan November 2019 atau tepatnya ketika menggantikan pelatih sebelumnya yaitu Niko Kovac yang dipecat oleh petinggi klub pada saat musim 2019/2020 baru berjalan 3 bulan..


FYI: gelar kelima Flick adalah Piala Super Eropa yang direngkuhnya pada bulan September 2020


Lalu siapa sebenarnya Hansi Flick ini? Dan apa keistimewaan dari pelatih ini, hingga bisa meraih sukses besar di musim pertamanya tersebut? Untuk menjawab dua pertanyaan ini, mari kita simak beberapa fakta menarik tentang pria yang tanggal 24 Februari 2021 nanti akan genap berusia 56 tahun..


Dan inilah setidaknya 7 fakta menarik tentang Hansi Flick:


1. Pernah jadi pemain Bayern Muenchen


Fakta yang pertama adalah bahwa ternyata Bayern Muenchen itu bukanlah rumah baru bagi Hansi Flick. Sebab dulu sewaktu masih aktif menjadi seorang pesepak bola, dia pernah bermain di klub itu pada rentang waktu 1985-1990 atau selama kurang lebih lima tahun..


Terhitung lumayan lama untuk ukuran seorang pemain sepak bola berkiprah di sebuah klub. Penampilan dan prestasinya juga lumayan pada waktu itu. Yakni ia mencatat caps 104 dengan 5 gol, serta membawa Bayern Muenchen juara Liga Jerman sebanyak 4 kali dan juara Piala Jerman satu kali..


seperti inilah seorang Hansi Flick kala masih aktif jadi pemain sepak bola (sumber gambar: miasanrot.com)


2. Lebih dulu sukses sebagai Asisten Pelatih


Fakta yang kedua adalah sebelum dia sukses jadi pelatih seperti sekarang ini, ternyata dia lebih dulu menuai sukses sebagai serorang asisten pelatih. Itu didapat kala ia menjadi asisten Joachim Loew di timnas senior Jerman selama 8 tahun, dari sejak tahun 2006 hingga tahun 2014..


Tentu kita tahu prestasi besar apa yang di raih oleh timnas Jerman selama kepemimpinan Joachim Loew. Diantaranya adalah meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 2010, runner up Euro 2008 dan puncaknya adalah juara Piala Dunia tahun 2014. Dan konon rentetan prestasi ini, ada andil juga dari seorang Hansi Flick..


FYI: hingga saat ini Joachim Loew masih menjabat pelatih timnas Jerman


Hansi Flick (sebelah kiri) saat menjadi asisten Joachim Loew di timnas Jerman (sumber gambar: thesun.co.uk)



3. Pelatih kedua dalam sejarah yang meraih Sextuple

 
Kemudian fakta yang ketiga Hansi Flick adalah pelatih kedua dalam sejarah yang memenangi sextuple alias enam gelar dalam setahun, setelah Josep Guardiola di tahun 2009. Saat itu Pep (sapaan akrabnya), meraihnya bersama klub asal Spanyol yaitu Barcelona..


Secara pribadi kami menilai hasil yang diraih Flick jauh lebih menakjubkan. Soalnya tadinya statusnya cuma sebagai "pelatih terusan" dari pelatih sebelumnya, di saat liga di negaranya sudah berlangsung beberapa pekan. Sedang Pep pada saat itu melatih klub Barcelona, sejak dari awal musim berjalan..


4. Pelatih pertama yang meraih sukses di 2 jenis Piala Dunia yang berbeda

 
Untuk fakta yang keempat yang tak kalah prestisiusnya diraih oleh seorang Hansi Flick adalah bahwa dia pelatih pertama yang meraih sukses di dua jenis Piala Dunia yang berbeda. Dua Piala Dunia itu adalah Piala Dunia antar negara pada tahun 2014 lalu dan Piala Dunia antar klub yang diraihnya pada hari kamis kemarin..


Tentu ini sebuah pencapaian yang luar biasa baginya, mengingat rekor ini baru dia sendiri yang menciptakannya untuk sementara dan mungkin saja rekor tersebut akan bertahan lama..


Hansi Flick (baju hitam paling kiri) saat merayakan kemenangannya bersama timnas Jerman di Piala Dunia tahun 2014 (sumber gambar: wikipedia.org)



5. Karirnya tak menonjol saat jadi pemain


Selanjutnya fakta yang kelima adalah Hansi Flick ini dulu ketika masih aktif jadi pemain sepak bola, tak terlalu menonjol sebenarnya karirnya. Meskipun dia pernah memperkuat Bayern Muenchen yang notabene klub besar di negaranya dan meraih beberapa prestasi, namun nama dia sejatinya "tak dihitung" sebagai pemain yang bagus dan berbakat di masanya..


Indikasinya adalah dia sama sekali tak pernah mencicipi sekali pun bermain untuk timnas Jerman. Kalaupun pernah bermain untuk timnas, dia hanya pernah bermian untuk timnas junior saja. Itu pun nggak banyak alias cuma dua kali penampilan saja..


6. Pensiun muda sewaktu jadi pemain


Untuk fakta yang keenam adalah ternyata Hansi Flick ini dulunya pensiun muda sewaktu jadi pemain sepak bola. Menurut informasi yang kami peroleh, dia pensiun sebagai seorang pemain pada saat berusia 28 tahun. Konon karena cedera parahlah yang membuat ia memutuskan demikian..


Pasca pensiun dini, selanjutnya ia sempat melatih sebuah klub kecil di negaranya selama beberapa tahun. Kemudian sempat juga ia melanglang buana ke negara tetangganya yakni Austria, walau kali ini jabatannya cuma sebagai asisten pelatih. Namun itu hanya setahun, sebelum akhirnya dipanggil DFB (PSSI-nya Jerman) buat mendampingi Joachim Loew sebagai asisten pelatih per tahun 2006..


7. Lebih banyak trophynya ketimbang jumlah kalahnya


Dan fakta yang terakhir atau yang ketujuh bagi seorang Hansi Flick adalah rekornya yang fantastis untuk ukuran seorang pelatih klub. Bayangkan saja rekor kekalahan yang diderita klub yang dilatihnya, masih kalah dengan jumlah trophy yang diraihnya dengan klubnya tersebut..

Menurut data yang kami dapat, total Hansi Flick ini sudah melakoni pertandingan bersama Bayern Muenchen sebanyak 68 laga, dari semenjak dia mulai melatih di sana. Dari catatan itu, hanya 5 pertandingan yang berujung kekalahan. Tentu catatan minus ini masih kalah dengan jumlah piala yang ia persembahkan untuk klubnya sampai dengan sejauh ini yakni 6 gelar..


***** ***** ***** ***** *****


Benar-benar fenomenal Hansi Flick ini. Mengingat dia tadinya bukan siapa-siapa (untuk ukuran seorang pelatih sepak bola) dan bukan pula dia tadinya eks pemain sepak bola beken (pada masanya). Dan jadi seorang pelatih pun (dalam hal ini di Bayern Muenchen), tadinya juga hanya untuk sementara waktu..


Akan tetapi berkat torehan prestasi spektakulernya bersama klubnya itu, membuat ia seketika ia jadi masuk ke jajaran pelatih elit di dunia sepak bola. Mungkin ke depan ia bakal jadi rebutan klub-klub top eropa, buat diincar jadi pelatih di sana. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk supaya bisa mendongkrak prestasi klub..


Namun kalaulah kami boleh berharap, sebaiknya Flick ini kalau sudah nggak dipakai lagi di Bayern Muenchen, mending dia jadi pelatih timnas Jerman saja. Soalnya dia kan punya pengalaman di sana selama 8 tahun, sebagai asisten Joachim Loew. Jadi secara teknis dan non teknis, pasti dia sudah faham. Pun secara prestasi, ia sudah membuktikannya..


*tapi ya ini balik ke Hansi Flicknya sih, terserah dia nanti mau kemana..karena toh di Bayern Muenchen juga ia masih terikat kontrak sampai dengan tahun 2023


Oke demikianlah informasi yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat ya. Terakhir kami mohon maaf apabila ada kesalahan dan atau kekeliruan informasi, pada postingan yang kami tulis di atas..


*dikutip dari berbagai sumber

Posting Komentar

6 Komentar