5 Alasan Orang Tidak Terlalu Suka Main Games

ilustrasi seseorang ketika bermain games di smartphone (sumber gambar: pixabay.com)



Sejatinya yang namanya bermain games itu memang menyenangkan. Dan ini kadang tidak memandang umur dan gender, baik pria maupun wanita. Karena dengan bermain games, kita bisa sejenak melepas kepenatan, rasa suntuk, dan atau sekedar mengisi waktu luang di saat kita lagi senggang..

 
Tak hanya itu. Bermain games juga terkadang dapat memacu adrenalin kita, terutama games-games yang sifatnya menantang. Tapi kalau untuk yang ini sih kebanyakan disukai oleh kaum laki-laki. Sebab mereka bukan cuma sekedar untuk mencari hiburan semata. Namun juga mereka kadang ingin mencari sebuah tantangan di dalam permainan games itu sendiri..


Meski demikian tidak semua orang mempunyai pendapat dan pemikiran yang sama. Karena pada faktanya ada juga sebagian orang yang tidak terlalu suka bermain games. Alasannya bermacam-macam..

 
Dan satu dari sekian orang itu adalah saya (penulis) sendiri. Ya saya termasuk orang yang tidak terlalu suka bermain games. Ntah itu games online seperti di era sekarang, maupun games console masa lalu seperti PlayStation, Nintendo, Game Watch atau dan semacamnya..


Lalu kira-kira apa alasan orang-orang (dan pastinya juga termasuk saya) tidak terlalu suka atau tertarik dengan bermain games? Kalaulah boleh saya menerka, mungkin 5 diantaranya adalah sebagai berikut:



1. Tidak suka dari kecil

 
Alasan yang pertama orang tidak terlalu suka bermain games adalah karena dia memang tidak suka sedari kecil. Dan ini juga alasan yang melatar belakangi saya buat tidak suka dengan hal tersebut..


Ya memang sejak dari masih bocah, saya tidak terlalu suka dengan main games. Ntah dari dulu merasa kurang berminat saja. Padahal dunia games itu sejatinya banyak disukai oleh anak-anak, dari sejak dahulu hingga sekarang. Namun anehnya justru hal itu tidak berlaku bagi saya..


Dan mungkin alasan itu juga yang jadi penyebab orang-orang buat tidak terlalu suka bermain games, sebagaimana saya. Karena kalau memang pada dasarnya kurang suka, mau dipaksa bagaimana pun juga tetap bakalan nggak suka, meski sekalipun dunia teknologi dan peradaban sudah berkembang pesat dan maju..


2. Tidak pernah mengerti cara memainkannya


Alasan yang kedua orang tidak terlalu suka dengan bermain games adalah karena dia tidak pernah mengerti cara memainkannya. Asli alasan ini juga yang kadang membuat saya ogah bermain games..


Tentu dong kalau cara bermainnya kita nggak faham, lalu ngapain kita coba-coba ikutan bermain games?


Memang lama-lama juga akan tahu dan mengerti, kalau kita rutin memainkannya. Tapi kan nggak semua games seperti itu. Karena ada juga beberapa games yang peraturan dan cara bermainnya ribet. Dan ini yang kadang membuat saya malas buat memainkannya lagi..


Belum lagi bahasa panduannya yang rata-rata kebanyakan memakai bahasa Inggris, membuat saya menjadi tambah bingung untuk memahaminya. Maklum, saya nggak begitu mahir dalam menggunakan bahasa asing paling populer di dunia itu..  


3. Membosankan


Membosankan adalah alasan berikutnya, yang membuat seseorang itu tidak tertarik bermain games. Sama dengan poin-poin sebelumnya, alasan ini juga yang kadang membuat saya enggan lama-lama untuk bermain games..


Mungkin alasan ini ada, karena orang itu tidak pernah merasa enjoy ketika bermain games. Pun begitu dengan saya pribadi. Karena beda cerita kalau kita selalu menikmatinya, dalam setiap melakukan aktifitas tersebut. Sebab pasti kita tidak akan merasakan bosan, walaupun kita sering melakukannya di setiap saat..


Akan tetapi mungkin rasa bosan itu muncul oleh karena yang bersangkutan (termasuk saya juga tentunya) memang aslinya tidak menyukai bermain games. Jadi mau bermain sesering dan selama apa pun, dia tidak akan pernah merasakan enjoy sedikit pun..


4. Selalu bikin emosi


Selanjutnya alasan yang keempat yang membuat orang tidak terlalu suka bermain games adalah selalu bikin emosi. Karena tanpa disadari, bermain games itu terkadang suka bikin emosi seperti marah, kesal atau kecewa. Terutama kalau permainan kita sering tak sesuai dengan apa yang kita harapkan..


Dan hal inilah yang juga membuat saya kadang tidak pernah terlalu serius dalam bermain games. Sebab perasaan tersebut terkadang jadi membuat saya bad mood. Dan pada akhirnya saya jadi seperti uring-uringan. Padahal penyebabnya cuma sepele sebenarnya..


Memang alasan ini muncul karena berdasarkan pengalaman saya sendiri. Namun saya rasa orang lain juga mungkin akan berfikiran dan berpendapat sama dengan saya..


5. Tak pernah dapat kepuasan


Dan alasan terakhir seseorang itu nggak terlalu suka bermain games adalah karena tak pernah dapat mendapatkan kepuasan. Maksudnya ia tak pernah merasakan apa yang diinginkannya, saat memainkan games tersebut..


Lumrah dong, ketika kita tak pernah mendapat sesuatu dari apa yang kita lakukan selama ini, terus kita meninggalkan aktifitas itu. Ya walupun bermain games itu bukanlah suatu hal yang dinggap serius, namun tetap saja ada hal yang dituju buat sebagian orang ketika melakukannya..


Dan faktor ini juga yang membuat saya tidak begitu menyukai main games. Soalnya sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, saya pun terkadang tidak pernah mendapatkan kepuasan saat sedang dan atau sudah melakukan aktifitas itu..


Itulah setidaknya 5 alasan orang tidak terlalu suka dengan bermain games. Memang kelima alasan ini sebagian besar dasarnya atas pengalaman dari saya pribadi. Namun saya rasa orang lain pun mempunyai alasan yang kurang lebih sama seperti di atas. Atau paling tidak beberapa poin diantaranya ada yang sama..


*bukan bermaksud sotoy lho saya..cuma ini hanya menduga saja..hehe


Oke demikanlah informasi yang bisa saya bagikan pada kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan (seperti biasa) mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekeliruan yang saya buat di dalam thread yang saya buat ini. Itu semata-mata karena saya masih blogger pemula dan saat ini masih terus belajar untuk bisa membuat dan berbuat yang lebih baik lagi..

Post a Comment

35 Comments

  1. Wkwk.. ini bukan saya banget. Mungkin memang nggak cocok sama gamesnya, kalo udah nemu yg cocok, pasti ketagihan. Macem jodoh aja ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi gan/sist.. tapi sesuka sukanya sya sama main games, nggak sampai ketagihan ah.. paling kalau udah bosan ya ditinggalin.. hehe

      Delete
  2. Tadinya saya gak suka games. Tapi gak tau kenapa games mobail lejen udah 2 tahun ada di hp saya.

    Tapi ya gitu efeknya mau nulis blog jd mundur-mundur terus. Keasyikan maen games

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe

      Makanya itu, sya ogah main games karena selain menyita waktu sya untuk hal2 yg lain sama bikin boros batre hp.. 😂😂😁

      Delete
  3. games itu bikin penasaran, makanya main lagi, main lagi makanya aku sama sekali gak pernah main drpada nanti banyak pekerjaan yang tertunda gara2 main games

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas/mbak. Itu jga yg membuat sya kurang suka main games.. 😄

      Delete
  4. kadang memang bosen juga main game mulu , tapi ada kala nya juga kita perlu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu buat yg suka gabut dan sering bethean.. 😂😂😁

      Delete
  5. Main game jaman sekarang itu udah bisa dapat duit hehe
    Coba dehh siapa tau jadi suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pada dasarnya kurang suka, ya mau gimana lagi gan.. Mau diiming-imingi dengan hal apa pun, ya tetap nggak bakalan bisa enjoy gan.. Hehehe

      Delete
    2. Ya kurang lebih spt itulah.. 😁😁😊

      Delete
  6. Replies
    1. 😀😀😊

      Btw ini profesor beneran atau kw neeh? 😁

      Delete
  7. Alasan saya tidak menyukai game adalah saya enggan bersaing dengan orang lain yang jika kalah atau menang pun tidak dapat apa apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi harus ada semacam reward gitu kah gan?

      Delete
  8. Bukan saya banget nih kang. Saya suka sama game dan yang masuk adalah yang nomor 4. Suka emosi sendiri, ngoceh sendiri, kadang sampe ketok2 hp lw ngebug / ngelag. Awalnya saya jarang nge-game, saya main game karena mungkin gabut aja, banyak waktu, bingung mau ngapain. Akhirnya kok malah kecanduan. Cuma untuk sekarang dapat saya bagi waktunya. Nge-game hanya untuk refreshing ketika lagi stres mikirin konten blog, dll. Hemat biaya uga lw game. Ga seperti yang lain lw stres keluar pasti rupiah keluar tuh, apalagi lw udah shopping. Ini itu ga bisa ditahan. Rekomen dari saya sih, mending game aja yang hemat. Cuma yaa masing2 orang beda2. Itulah indahnya. Mampir kang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya jangan terlalu dibuat "gila" lah. Sewajarnya saja.. Hehe

      Delete
    2. Iya sih mas, buat refreshing aja. Tapi lw kawan saya dah hampir "gila". Soalnya hampir kata2 kasar keluar semua. Atas cuk, sini cuk, ripep saya cuk, knok2, j***uk (sensor) nge-lag 99+. Itu baru 1 kang, belum yang lain. Saya liat kok yaa hmm no koment. Hehehe

      Delete
    3. kalau di daerah sya, bahkan nama2 penghuni kebon binatang keluar semua.. Wkwk

      Tapi ya sekali lgi intinya kita jangan sampai kecanduan lah..

      Pada masanya sya jga suka suka main games. Tpi nggak terlalu dibuat serius, hanya ngisi waktu sja.. 😊

      Delete
    4. Sama aja berarti kayak tempat saya. Mabar sekali dosanya udah hmm

      Delete
    5. Padahal "kenikmatannya" mah nggak seberapa.. 😋

      Delete
    6. Bagi yang masih sekolah nikmat banget kang, bagi yang udah mikirin kebutuhan walaupun nikmat tapi setelah itu ser, cenat-cenut kepala. Kecuali emang dimanfaatkan buat konten yang menghasilkan uang. Hehehe

      Delete
    7. Iya betul, kalau bagi yg sudah bekerja apalagi punya keluarga, nggak bagus..

      Ya sebenarnya nggak cuma main games aja sih. Hobby lain pun kalau dibuat kecanduan mah tetap nggak bagus buat dirinya sendiri..

      Delete
    8. Gara2 hobi suami istri bisa berantem tuh, apalagi istri lw liat suami hobi modif motor misal, di komen habis2in uang aja, ga penting. Tapi lw udah ikut kontes juara dapat uang segepok disayang2 tuh, ditawarin terus pagi siang malam wkwk

      Delete
    9. Sama satu lgi hobi suami yg sering diprotes isteri, yaitu mancing.. 😂😂😁

      Delete
    10. Saya uga bingung mas, apa salahnya dengan kegiatan itu. Dimarahinnya lw pulang ga dapat apa2 mas, malah bikin rewel istri. Tapi lw pulang dapat 3 kg saya rasa disayang2 mas.
      Tapi jangan salah loh mas, mancing itu melatih kesabaran. Kesabaran buat menghadapi istri yang banyak cuit2nya wkwk ada tuh baru kemarin artikelnya tentang itu mas di blog saya bisa di cek sekalian ikut event saya uga boleh mas, ada hadiahnya 25K via apa aja (menyesuaikan pemenang). Tugasnya gampang banget, pokok cek sendiri deh hehehe

      Delete
    11. Blognya yg mana mas? Sya cek yg "krakal" koq nggak ada postingannya sama sekali..

      Delete
    12. Waduh, udah aku offin yang itu masih nongol yak mas? Ini aja mas, izin : https://tomtomid.blogspot.com/ hehe ntar aku edit lagi. Padahal kemarin udah done. Masa event sampe Kamis depan mas. Monggo!

      Delete