Mengenal 2 Nama KA Baru Yang Akan Segera Dioperasikan Oleh PT. KAI

KA Dharmawangsa, salah satu KA baru yang juga belum lama dioperasikan oleh PT. KAI (sumber gambar: indoaviation.asia)


Setelah kemarin sempat dihebohkan dengan berita diangkatnya Ketua Umum PBNU menjadi Komisaris Utama PT. KAI yang kemudian menimbulkan pro kontra di masyarakat, lagi-lagi kabar mengejutkan datang dari dunia perkereta apian Indonesia. Namun kali ini bukan tentang posisi atau jabatan di perusahaan berplat merah tersebut. Melainkan tentang pelayanan jasa transportasinya..


Ya tanpa kita duga, diam-diam PT. Sepur bakal segera mengoperasikan 2 KA baru dalam waktu dekat ini. Dua KA ini benar-benar baru secara nama. Namun secara rute, salah satunya bukan. Penasaran kan seperti apa nama KA-nya dan rutenya dari mana kemana? Simak ulasannya berikut ini..


Dan inilah kedua KA yang sebagaimana kami maksud di atas:


1. KA Kartanegara


KA yang pertama adalah KA Kartanegara dengan relasi Purwokerto-Malang PP. Jika dilihat dari namanya, KA ini mengambil nama dari Kerajaan Indonesia tempo dulu. Tentu bukan kali ini saja nama KA di kita mengambil nama serupa. Soalnya sebelumnya sudah ada seperti KA Kertajaya dan KA Jayabaya contohnya..


Untuk stamformasi, KA ini akan memakai kelas campuran, yakni ekonomi dan eksekutif. Khusus yang kelas ekonomi, konon ia bakal memakai gerbong ekonomi yang bertipe tempat duduk 80, yang mana dulunya sempat disebut sebagai KA ekonomi Kemenhub atau KA ekonomi biru pas awal-awal muncul (era tahun 2010-2012)..


FYI: untuk sekarang, KA jenis ini dipakai oleh KA Bogowonto, KA Gajah Wong atau KA Jaka Tingkir, KA Menoreh, KA Majapahit dan KA Jayabaya


KA ini direncanakan akan mulai beroperasi pada tanggal 10 Maret 2021 besok. Sedang untuk jadwal keberangkatannya dari stasiun Malang sekitar jam 08:20 dan dari stasiun Purwokerto pada jam 18:20..


jadwal pemberangkatan dan stasiun pemberhetian KA Kertanegara dari stasiun Malang


jadwal pemberangkatan dan stasiun pemberhetian KA Kertanegara dari stasiun Purwokerto


*sumber gambar: keretaapikita.com


2. KA Brawijaya


Kemudian KA yang kedua adalah KA Brawijaya, dengan relasi Jakarta-Malang PP melalui jalur utara atau lewat Semarang-Solo. Sama dengan KA yang pertama, KA ini juga mengambil nama dari Kerajaan Indonesia tempo dulu..


Sekilas jika dilihat dari rutenya, KA ini sama persis dengan KA Majapahit dan KA Matarmaja. Karena kedua KA itu juga mempunyai relasi yang sama dengan jalur yang sama pula. Hanya bedanya jika Majapahit dan Matarmaja merupakan kelas ekonomi, maka untuk KA Brawijaya ini direncanakan akan memakai kelas full eksekutif..


Sementara itu untuk jadwal pengoperasian perdana KA ini akan direncanakan pada tanggal 14 Maret 2021 atau selang empat hari pasca KA Kartanegara. Sedangkan untuk jadwal keberangkatannya dari stasiun Gambir sekitar jam 15:40 dan dari stasiun Malang pada jam 16:00..


jadwal pemberangkatan dan stasiun pemberhetian KA Brawijaya dari stasiun Malang

jadwal pemberangkatan dan stasiun pemberhetian KA Brawijaya dari stasiun Gambir


*sumber gambar: keretaapikita.com


Menurut kami pribadi (penulis), pengoperasian 2 KA baru ini bagus-bagus saja. Karena ini akan menambah alternatif pilihan bagi masyarakat nantinya, terkhusus di daerah-daerah yang dilewati oleh kedua KA tersebut..


Hanya saja kalau menurut kami, waktunya yang tidak tepat. Soalnya pada saat sekarang ini, jam dan waktu operasional transportasi KA sedang dibatasi, oleh sebab masih diberlakukannya peraturan PSBB di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Jadi takutnya nanti jadi "mubadzir"..


Alih-alih tujuannya buat mengakomodir para calon penumpang yang nggak kebagian tiket KA lain, yang ada malah okupansinya sepi. Soalnya di saat tengah dalam kondisi Pandemi begini, penumpang KA tidak seramai biasanya. Alasannya ya karena faktor dibatasi itu tadi..


Akan tetapi PT. KAI mungkin punya pertimbangan lain, terkait pengoperasian 2 KA baru ini. Jadi kita sebagai masyarakat, cuma bisa manut saja. Ya semoga saja keputusan PT. Sepur ini memang benar-benar tepat dan sebelumnya sudah dikaji lebih dulu. Dan pastinya 2 KA yang kelak bakal jadi milik Daops 8 tersebut, memang benar-benar dubutuhkan oleh masyarakat pada saat ini..


Oke demikianlah informasi yang bisa kami share pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan mohon maaf apabila ada salah-salah kata atau kalimat pada postingan yang kami tulis ini..


Notes: Jika ada perubahan informasi terkait berita atau kabar yang kami muat di artikel ini, maka akan kami beri tahukan lebih lanjut lewat postingan ini juga

Post a Comment

2 Comments