Sulit Tidur Ketika Mau Naik KA Jarak Jauh? Mungkin 10 Tips Ini Bisa Menjadi Solusinya

ilustrasi suasana di dalam sebuah perjalanan KA (sumber gambar: dokumen blog ini)
 
 
Pergi travelling naik KA jarak jauh, memang sebuah aktifitas yang menyenangkan bagi sebagian orang. Terutama sekali buat orang-orang yang jarang-jarang atau belum pernah merasakannya. Bahkan perasaan seperti ini terkadang bisa menerpa siapa saja dengan tanpa memandang usia, apakah ia masih anak-anak ataukah orang yang sudah dewasa..

 
Sementara bagi orang-orang yang sering melakoninya atau orang yang sudah berpengalaman, mungkin akan merasa biasa-biasa saja. Sebab mereka sudah terbiasa dengan hal itu. Ya walaupun kadang masih ada juga sih yang tetap merasa happy saat naik KA, meski sudah ke sekian kalinya..


Akan tetapi khusus untuk kasus yang terakhir ini, biasanya hanya berlaku bagi mereka yang sudah benar-benar merasa "jatuh cinta" dengan KA. Dan saya (penulis) termasuk kategori ini..

 
Meski demikian baik yang jarang-jarang atau yang belum pernah atau yang sudah berpengalaman sekalipun, terkadang mempunyai satu kesamaan dalam satu hal. Dan persamaannya itu adalah suka mengalami sindrome susah tidur, saat sehari menjelang keberangkatan..


Hayoo, apakah selama ini anda masih sering mengalaminya? Jika ya, anda tidak sendiri. Karena di luar sana masih banyak juga orang-orang yang mengalami hal seperti ini. Dan saya pun (penulis) termasuk yang pernah merasakannya dalam beberapa waktu tertentu..


Lalu kira-kira adakah solusi buat mengatasi hal itu? Berkaca dari pengalaman, maka saya akan memberikan tips seputar itu. Dan inilah 10 tips buat mengatasi kesulitan tidur saat hendak bepergian ke luar kota naik KA Jarak Jauh..


*Notes: tips ini juga berlaku saat mau naik moda transportasi umum lain (bus, pesawat, kapal laut) ataupun naik kendaraan pribadi


1. Mempersiapkan akomodasi perjalanan dari jauh-jauh hari


Tips yang pertama adalah dengan mempersiapkan segala akomodasi perjalanan dari sejak jauh-jauh hari. Akomodasi perjalanan di sini contohnya seperti tiket keberangkatan dan kepulangan serta biaya selama kita berada di tempat tujuan, termasuk misalnya tempat kita menginap..


Hal seperti ini penting menurut saya, dipersiapkan sejak dari awal. Soalnya biar kita bisa tenang pas sehari menjelang keberangkatan. Tentu kita tidak mau dong pas H-1, kita masih memikirkan tentang hal-hal yang berhubungan dengan rencana perjalanan kita. Seperti masih memikirkan tiket kepulangan, masih memikirkan kita mau menginap dimana atau dan sebagainya..


Dan anda tahu efek dari memikirkan hal tersebut? Ya kita nanti akan jadi gelisah di sepanjang hari itu hingga mungkin akan membuat kita tak bisa tidur nyenyak pada malam harinya. Jadi oleh karena itu, mempersiapkan akomodasi perjalanan kita sejak dari awal adalah sebuah hal yang sangat direkomendasikan..



2. Packing dengan tidak terburu-buru dan mepet-mepet waktu


Tips yang kedua adalah mengemas barang-barang yang akan kita bawa atau istilahnya packing, dengan tidak terburu-buru dan mepet-mepet waktu. Menurut saya, idealnya itu packing sekitar satu hari jelang keberangkatan atau paling cepat pas H-2nya..


Kenapa kita tidak boleh terburu-buru dan atau mepet-mepet waktu? Soalnya kalau diburu-buru takutnya nanti ada perubahan item barang yang akan kita bawa. Sementara kalau mepet-mepet waktu, khawatir kita malah jadi gelisah karena bingung mau bawa barang yang mana..


Tentu kita tak mau dong, hanya karena hal demikian kita jadi sampai nggak bisa tidur pada malam hari jelang keberangkatan, akibat terus memikirkannya. So packing dengan tidak terburu-buru dan mepet-mepet waktu, menurut saya sebuah hal yang tak boleh disepelekan juga ketika kita mau travelling naik KA Jarak Jauh..


3. Yakin kalau tidak ada barang yang ketinggalan


Tips berikutnya atau yang ketiga adalah yakin kalau tidak ada barang yang ketinggalan. Maksudnya setelah kita selesai packing, kita harus merasa yakin kalau kita telah benar-benar mempersiapkan dengan baik dan tak ada yang kurang satupun, terkait barang yang akan kita bawa nantinya..


Ini juga poin penting yang sebenarnya tak boleh diremehkan. Soalnya kan nggak lucu kalau tiba-tiba pas di tengah perjalanan, kita ingat kalau ada barang tertentu yang lupa kita bawa. Apalagi kalau barang tersebut sangat penting banget buat kita..


Memang barang itu bisa kita ganti dengan cara membeli lagi pas tiba di tempat tujuan. Tapi mending kalau ada dan gampang mendapatkan. Kalau susah bagaimana? Kan bikin repot kita nantinya. Dan pastinya ini juga bikin kita jadi buang-buang waktu dan pengeluaran..


4. Selalu ingat dengan jadwal dan jam keberangkatan KA


Kemudian untuk tips yang keempat adalah selalu ingat atau memperhatikan jadwal dan jam keberangkatan KA. Kalau yang ini saya rasa semua para pecinta KA pasti faham. Pun begitu dengan yang terbiasa atau langganan naik KA. Soalnya mereka rata-rata sudah hafal dengan yang beginian..


Namun menurut hemat saya, ada baiknya kita mengecek lagi pada saat sehari menjelang keberangkatan. Sebab takutnya kita keliru atau salah dalam anggapan kita selama ini. Misal tadinya kita mengira jadwalnya jam 09:15. Eh setelah dicek lagi, ternyata jam 09:05. Walaupun selisihnya cuma 10 menit, tapi ini bisa berpengaruh pada persiapan keberangkatan kita nantinya..


Selain itu dengan selalu mengingat jadwal dan jam keberangkatan KA, kita bisa menentukan dan merencanakan jam keberangkatan kita dari rumah buat menuju stasiun keberangkatan sedari awal. Dan anda tahu apa efeknya? Kita nanti bisa tidur dengan tenang pas malamnya, tanpa perlu memikirkan hal tersebut..


5. Mempersiapkan baju yang akan dipakai untuk hari keberangkatan


Untuk tips yang kelima adalah mempersiapkan baju yang akan kita pakai untuk hari keberangkatan sedari awal atau minimal pas malam hari jelang keberangkatan. Tujuannya adalah biar hati kita plong nanti pas bangun tidur atau pas persiapan kita berangkat dari rumah..


Memang sepertinya ini perkara kecil. Tapi jangan salah lho! Kalau tak disiapkan sedari awal, efeknya bisa menganggu persiapan keberangkatan kita nantinya. Bahkan bukan tak mungkin ini juga bisa mengganggu waktu tidur kita, karena kita masih memikirkan hal itu pas malamnya..


6. Sudah buat itinerary selama di tempat tujuan


Selanjutnya untuk tips yang keenam adalah sudah membuat itinerary kita selama di tempat tujuan. Itinerary di sini maksudnya dalah jadwal kegiatan atau hal apa saja yang akan kita lakukan selama kita berada di sana..


Menurut kami ini penting untuk dibuat sebelum menjelang hari keberangkatan. Sebab ini nantinya akan memudahkan rencana perjalanan kita dari sejak mulai berangkat, selama di tempat tujuan hingga ke perjalanan pulangnya..


Selain itu dengan membuat itinerary dari sejak awal, kita akan mengetahui akan estimasi biaya-biaya pengeluaran kita selama dalam perjalanan kita tersebut. Dan hikmah dari itu, kita bisa tenang dan mungkin juga bisa tidur nyenyak pada sehari jelang keberangkatan..


7. Yakin semua rencana akan berjalan dengan baik


Untuk tips yang ketujuh adalah harus yakin kalau semua rencana yang telah kita susun dalam perjalanan itu, akan berjalan dengan baik nantinya. Kenapa kita harus bersugesti seperti itu? Karena ya biar kita tidak mempunyai perasaan galau, saat akan memulai perjalanan tersebut..


Tentu kita tidak mau dong, tiba-tiba ada hal yang mengganggu fikiran kita yang membuat kita jadi merasa tak nyaman, pada saat sehari menjelang keberangkatan. Akibatnya mungkin kita bakal stress, yang pada akhirnya kita jadi tak bisa tidur pada malam harinya karena terus menerus memikirkannya..


8. Bersikap tenang dan santai saat menjelang hari H-nya


Berikutnya untuk tips yang kedelapan adalah bersikap tenang dan santai saat menjelang hari H-nya. Tentu sikap seperti ini dibutuhkan, karena biar kita tidak dibuat stress atau galau pada saat detik-detik menjelang keberangkatannya..


Akan tetapi kalau kita sudah mempersiapkan segalanya atau paling tidak kita memperhatikan poin-poin pada tips di atas, kemungkinan kita bakal rileks menghadapi rencana trip kita itu. Sebab tak ada lagi perasaan atau fikiran yang akan mengganggu kita..


9. Kurangi aktifitas saat sehari menjelang keberangkatan


Selanjutnya untuk tips yang ke-9 adalah mengurangi aktifitas kita pada saat sehari menjelang keberangkatan. Tujuan kita melakukan itu adalah agar kondisi raga kita bugar dan fit saat kita akan melakukan perjalanan itu..


Selain itu dengan kita mengurangi aktifitas, kita bisa istirahat dengan nyaman pada malam harinya. Soalnya tubuh kita tidak sedang mengalami keluhan apapun..


Tentu hal berbeda sebaliknya terjadi jika seumpama kita mengalami cape dan lelah oleh karena misalnya banyak beraktifitas di H-1 itu. Sebab bukan tak mungkin kita mengalami stress dan tak bisa tidur pada jelang keberangkatan trip kita tersebut..


10. Pasang alarm saat hendak tidur


Dan untuk tips terakhir adalah memasang alarm saat hendak tidur. Menurut saya, ini cara yang paling ampuh ketika kita mengalami kesulitan tidur, pada saat menjelang keberangkatan perjalanan kita.  Soalnya ya biar kita tidak terlambat bangun nantinya..


Akan tetapi tips ini sangat direkomendasikan sekali buat yang jadwal perjalanan KA-nya kebetulan pagi. Sebab kalau anda kebablasan bangunnya, bisa-bisa kacau rencana perjalanan kita tersebut. Bahkan bukan tak mungkin bisa batal alias tidak jadi berangkat..


Tentu anda tak mau dong mengalami seperti itu. Jadi sekali lagi tips yang nomor 10 ini penting juga untuk diterapkan, terlepas misalnya anda tidak memperhatikan tips-tips yang lain atau tips yang sebelumnya..


Itulah setidaknya 10 tips buat mengatasi sulit tidur ketika kita hendak bepergian dengan KA Jarak Jauh. Nah sekarang bagaimana dengan anda? Apakah sejauh ini sering mempraktekkan tips-tips di atas? Atau anda punya cara tersendiri dalam mengatasinya?


Semua itu berpulang kembali ke anda tentunya. Kareda beda orang, sudah pasti beda kebiasaan dan perilakunya..


Oke demikanlah informasi yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat ya. Dan terakhir sebelum saya pamit, seperti biasa izinkan saya untuk memohon maaf apabila ada kekurangan dan atau ketak sempurnaan dalam tulisan saya ini..


Harap maklumlah, saya juga manusia biasa yang tak pernah luput dari salah dan khilaf. Dan saya juga masih dalam tahap belajar dan terus belajar, untuk bisa lebih baik lagi dalam segala hal.. Hehe 😊😋

Post a Comment

2 Comments

  1. ini yang saya suka:"6. Sudah buat itinerary selama di tempat tujuan."....

    mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti yg poin 6 ini slalu tak pernah terlewatkan ya buat pak profesor, jika mau travelling? Hehe

      Delete