Ketentuan dan Panduan

Berikut ini adalah ketentuan-ketentuan yang harus anda fahami saat anda berkunjung ke blog ini. Saya harap anda membaca semua point-pointnya dari awal sampai akhir.


1. Semua isi artikel atau postingan di blog ini merupakan opini atau hasil pemikiran pribadi. Dan tidak mewakili siapapun, baik atas nama perseorangan maupun atas nama golongan atau kelompok tertentu.

2. Pengunjung harap mematuhi segala peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan hukum yang berlaku di negeri ini. Terutama peraturan atau kebijakan yang berhubungan dengan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), maupun peraturan atau kebijakan yang berhubungan dengan artikel-artikel atau postingan di blog ini.

3. Saya tidak bertanggung jawab apabila seandainya ada kejadian atau tindakan yang melanggar hukum oleh sebab akibat artikel-artikel atau postingan yang ada di blog ini. Karena semua itu adalah tanggung jawab penuh para pengunjung di blog ini.

4. Semua artikel atau postingan di blog ini boleh dibagikan kepada siapa saja. Baik lewat share atau tautan link, maupun copy paste isi artikel atau postingan.
 
5. Jangan sungkan untuk menghubungi saya, jika seumpama ada artikel atau postingan di situs ini yang membuat anda merasa tak nyaman. Hal yang sama juga berlaku jika seumpama ada kekeliruan atau kesalahan informasi, yang saya sampaikan di situs ini.


=======================================================================


Dan ini adalah panduan untuk anda ketika membaca artikel-artikel atau postingan di blog ini. Saya perlu membuat ini karena mungkin saja ada diantara anda yang tidak atau belum faham dengan maksud kata-kata atau kalimat dalam artikel atau postingan di blog saya ini. Harapan saya semoga dengan bantuan panduan ini, anda memahami atau mengerti dengan maksud dari kata-kata atau kalimat tersebut..


1. TR: Ada di beberapa judul artikel, yang merupakan singkatan dari Trip Report (bahasa Inggris) yang artinya "laporan perjalanan". Biasanya ini ada di artikel-artikel tentang perjalanna KA (kereta api). Kalau judulnya ada embel-embel "zadoel", itu berarti perjalanan KAnya sudah lama sekali dilakukan (zadoel=zaman doeloe).

2. FR: Ini juga ada di beberapa judul artikel, yang merupakan singkatan dari Field Report (bahasa Inggris) yang artinya "laporan di lapangan/lokasi". Kalau yang ini ada di artikel-artikel tentang perjalanan wisata saya ke suatu tempat atau ketika menghadiri suatu acara.

3. FYI: Sebuah sisipan kalimat di beberapa artikel yang merupakan singkatan dari For Your Information (bahasa Inggris) yang artinya "untuk informasi anda" atau bisa juga artinya  "sekedar informasi saja".

4. Perka: Perjalanan KA (kereta api)

5. Gapeka: Grafik Perjalanan KA

6. Gembes: Sebutan untuk KA Gaya Baru Malam, sebuah KA Ekonomi (sekarang jadi KA campuran; eksekutif & ekonomi) yang melayani rute Jakarta-Surabaya PP. Sebutan ini awalnya dipopulerkan oleh anak-anak komunitas pencinta KA atau Rail Fans (RF).

7. Brenthe: Sebutan untuk KA Brantas, sebuah KA Ekonomi (sekarang jadi KA campuran; eksekutif & ekonomi) yang melayani rute Jakarta-Blitar PP. Sama seperti KA Gaya Baru Malam, Sebutan ini juga awalnya dipopulerkan oleh anak-anak komunitas pencinta KA atau Rail Fans (RF).

8. Gopar: Akronim dari KA Argo Parahyangan, sebuah KA Campuran (eksekutif & ekonomi) yang melayani rute Jakarta-Bandung PP.

9. Moleks: Akronim dari KA Malioboro Ekspres, sebuah KA Campuran (eksekutif & ekonomi) yang melayani rute Yogyakarta-Malang PP.

10. BWF: Singkatan dari Badminton World Federation (bahasa Inggris), yang merupakan badan federasi bulutangkis dunia. Kata-kata ini biasanya ada di artikel yang membahas tentang olahraga bulutangkis, sebagaimana juga nama lembaganya.

11. BL: Singkatan dari Badminton Lover's (bahasa inggris) yang kurang lebih artinya adalah "pecinta bulutangkis". Sesuai artinya, kata-kata ini pun ada di beberapa artikel yang membahas tentang olahraga bulutangkis.

12. The Minion's: Julukan untuk pemain bulutangkis ganda putra kita; Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamulyo.


Keterangan:

- Kata-kata atau kalimat yang saya jelaskan di dalam panduan di atas, hanyalah kata-kata atau kalimat yang paling sering muncul di artikel atau postingan blog ini. Atau minimal kata-kata atau kalimat tersebut muncul lebih dari sekali.

- Halaman Ketentuan dan Panduan ini bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai kebutuhan dan kepentingan blog ini.